Manfaat Minyak Zaitun Untuk Vitiligo

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Vitiligo

Sejak zaman dahulu, minyak zaitun memang dipercaya bisa dijadikan sebagai obat, bahan makanan dan banyak manfaat lainnya. Termasuk juga dalam pengobatan penyakit vitiligo, yakni penyakit yang disebabkan oleh hilangnya pigmen pada kulit.

Manfaat minyak zaitun untuk vitiligo bisa dilihat dari kandungan yang ada dalam minyak zaitun. Apalagi penyakit ini juga akan terlihat secara fisik ditandai dengan munculnya bercak-bercak putih di permukaan kulit.

Sebenarnya ada obat bernama Allopathic Science yang bisa mengobati vitiligo, akan tetapi obat ini akan menimbulkan rasa sakit dan harganya pun sangat mahal. Maka dari itu minyak zaitun banyak dijadikan sebagai pilihan mengatasi vitiligo.

Disebut-sebut ada sejumlah faktor yang menjadi penyebab timbulnya vitiligo yaitu mulai dari adanya gangguan sistem imun yang menyerang kulit. Selain itu ada juga yang disebabkan karena faktor genetik atau keturunan. Bahkan bisa juga disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih, stress dan juga efek dari cahaya industri kimia.

Untuk itulah mengapa minyak zaitun banyak digunakan dalam mengatasi vitiligo karena memang bisa melindungi kulit dari bakteri, sinar UV yang menyebabkan kulit kering, peradangan, kerusakan kulit akibat sinar UVB dan masih banyak lagi. Berikut penjelasan manfaat minyak zaitun untuk vitiligo:

Melindungi Dari Bakteri Kulit 

Sesuai studi yang dilakukan di US National Library of Medicine National Institutes of Health, minyak zaitun dan juga cuka bisa menunjukkan terlihatnya aktivitas antibakteri. Sehingga minyak zaitun bisa mengendalikan bakteri yang ada pada kulit bahkan sampai menghilangkan bakteri tersebut.

Mengatasi Kulit Kering 

Jika kulit Anda kering, maka solusi dengan bahan alami yang terbaik adalah menggunakan minyak zaitun. Caranya adalah dengan mencampurkan minyak zaitun dengan cuka apel serta madu dan kemudian oleskan ke seluruh permukaan kulit. Tunggu selama kurang lebih 15 menit sampai meresap dan bilaslah dengan menggunakan air hangat.

Mengatasi Kerusakan Kulit Akibat Sinar UV 

Sesuai studi yang dilakukan oleh Oxford University Press, minyak zaitun mampu mengatasi karsinogenesis kulit yang disebabkan oleh sinar UVB. Hanya saja sayangnya studi yang satu ini belum dilakukan kepada manusia, baru sebatas dilakukan pada tikus.

Meminimalisir Peradangan 

Penyebab vitiligo salah satunya adalah karena adanya masalah peradangan. Nah, melalui minyak zaitun peradangan ini bisa diatasi karena minyak zaitun sendiri dapat menangkal radikal bebas dan juga mengurangi peradangan.
Tidak hanya itu, kandungan zat antioksidan yang ada di dalamnya juga bisa membuat kulit menjadi lebih halus dan berseri.

Manfaat minyak zaitun untuk vitiligo memang belum didukung dengan banyak penelitian secara ilmiah. Akan tetapi mengingat minyak zaitun adalah bahan alami non kimia, maka Anda bisa langsung mencobanya asalkan masih dalam jumlah batas wajar. Artinya tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sering menggunakannya.

Baca juga:

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Minyak Zaitun Untuk Vitiligo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel