Keunikan Keanekaragaman Hayati di Indonesia


Menjadi wilayah yang menyimpan ribuan spesies baik flora maupun fauna, Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki tingkat keanekaragaman hayati tertinggi di dunia. Kondisi ini tidak terlepas dari letak geografis Indonesia yang mendukung bagi pertumbuhan berbagai macam jenis flora dan fauna. 

Selain itu, karakteristik wilayah Indonesia memiliki keunikan tersendiri yang membedakan antara keanekaragaman hayati di Indonesia dengan keanekaragaman hayati di negara lainnya. Adapun berikut ini beberapa keunikan yang bisa menjadi referensi Anda.

Keunikan keanekaragaman hayati di Indonesia


Jenis fauna bertipe oriental, australasia, dan peralihan

Persebaran makhluk hidup di dunia terbagi atas enam zona biogeografi. Keunikan pertama dari keanekaragaman hayati di Indonesia adalah letak geografis yang menempati 2 di antara 6 zona tersebut, yaitu zona oriental di bagian barat dan australasia di bagian timur. Kedua wilayah ini dibatasi oleh zona peralihan yang sama-sama memiliki karakteristik fauna berbeda. Sehingga keberadaan tiga wilayah tersebut membuat Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang beragam.

Baca juga: faktor penyebab munculnya keragaman hayati di indonesia

Di wilayah Indonesia barat atau zona oriental memiliki ciri khas fauna berupa mamalia berukuran besar. Persebaran ini mencangkup wilayah pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali. Sedangkan wilayah Indonesia timur atau yang disebut australasia sebaliknya, mamalia yang tersebar di wilayah ini relatif berukuran kecil serta mencangkup pulau Papua dan sekitarnya. Adapun zona peralihan sendiri memiliki karakteristik fauna tersendiri yang tidaj ditemui baik di zona oriental maupun australasia.

Jenis flora identik dengan tipe melanesia

Keunikan kedua yang dimiliki oleh keanekaragaman hayati di Indonesia adalah jenis flora yang ada merupakan bagian dari kelompok Melanesia. Indonesia merupakan satu diantara beberapa wilayah yang masuk Melanesia. Adapun wilayah lainnya meliputi kepulauan Solomon, Papua Nugini, Filipina, dan Malaysia.

Kawasan Melanesia identik dengan tumbuhan-tumbuhan yabyg mampu melakukan fotosintesis secara aktif. Hal ini membuat keanekaragaman flora di Indonesia sangat produktif. Satu karakteristik yang mencirikhaskan tumbuhan di kawasan Melanesia yaitu memiliki kanopi rapat. Wilayah sebarannya meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Terdapat berbagai jenis flora dan fauna langka

Keunikan keanekaragaman hayati Indonesia yang cukup menonjol adalah ditemukannya berbagai jenis flora dan fauna langka. Sebaran makhluk hidup ini meliputi wilayah zona oriental, peralihan, hingga australasia. Tidak sedikit hewan dan tumbuhan yang telah terdaftar sebagai spesies langka di badan konservasi dunia, yaitu IUCN Red Data Book. Adapun beberapa contoh flora langka meliputi gandaria, matoa, dan sawo kecik, sedangkan contoh fauna langka berupa bekantan, orang utan, dan burung cendrawasih.

Menyimpan banyak flora endemik

Keunikan yang dimiliki keanekaragaman hayati selanjutnya adalah keberadaan flora endemik. Endemik ini diartikan sebagai makhluk hidup yang secara khusus hanya ditemui di wilayah tertentu saja. Artinya jenis flora yang tergolong endemik di Indonesia tidak dapat ditemui di negara lainnya. Adapun beberapa spesies flora yang termasuk endemik merupakan kelompok dari flora langka. 

Baca juga: Contoh Keanekaragaman Hayati di Indonesia Tingkat Ekosistem

Beberapa contoh flora endemik di Indonesia yaitu bunga raflesia arnoldi yang terdapat di wilayah hutan Sumatera Barat, Jambi, dan Bengkulu, buah matoa yang berada di pulau Papua, serta wilayah lain dengan masing-masing flora endemiknya. Tumbuhan endemik yang terdapat di daerah-daerah tersebut menjadi satu-satunya spesies yang ada di dunia.

Menyimpan banyak fauna endemik

Tak hanya flora endemik saja yang menjadi keunikan dari keanekaragaman hayati di Indonesia. Beberapa fauna juga banyak yang masuk dalam klasifikasi endemik karena tidak ditemui di negara lainnya. Sejumlah fauna endemik di Indonesia diantaranya biawak komodo di pulau Komodo, babi rusa di Sulawesi, burung cendrawasih di Papua, dan masih banyak lainnya.

Demikian keunikan keanekaragaman hayati yang terdapat di Indonesia. Lima keunikan di atas adalah bagian dari ciri khas persebaran flora dan fauna yang identik dengan lingkungan Indonesia sebagai faktor yang menyebabkan munculnya keanekaragaman hayati.


 Keunikan Keanekaragaman Hayati di Indonesia - Financeroll

Belum ada Komentar untuk " Keunikan Keanekaragaman Hayati di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel