Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hasil Kebudayaan Kerajaan Demak

Hasil Kebudayaan Kerajaan Demak

Kerajaan Demak yang terletak di Jawa Tengah memiliki banyak hasil kebudayaan yang ditinggalkan untuk generasi berikutnya. Anda dapat melihat dan mengamati keindahan hasil kebudayaan Kerajaan Demak yang mengandung unsur ajaran islam. Bagi Anda yang penasaran, Anda dapat menyimak penjelasan singkat berikut ini.

Hasil Kebudayaan Kerajaan Demak Wajib Diketahui

1. Soko Tatal

Salah satu hasil kebudayaan yang diwariskan oleh Kerajaan Demak yaitu Soko Guru dan Soko Tatal yang terdapat di Masjid Agung Demak. Soko Guru adalah 3 buah tiang yang dibuat dari kayu utuh dengan diamater sekitar 1 meter. Sedangkan Soko Tatal dibuat dari potongan kayu yang berasal dari kayu sisa pembuatan 3 soko guru.

Keunikan pada satu tiang yang dinamakan Soko Tatal ini disebabkan karena Sunan Kalijaga hanya mampu membuat 3 tiang penyangga, sedangkan masjid sudah siap dibangun. Oleh sebab itu, Sunan Kalijaga berinisiatif untuk mengumpulkan potongan kayu dari ketiga Soko Guru untuk dibuat satu tiang penyangga. Tiang ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta wisata rohani.


2. Pawestren

Dikutip dari cosmogirl.co.id Kerajaan Demak menjadi salah satu kerajaan islam di Indonesia yang mewariskan banyak hasil kebudayaan. Diantaranya yaitu Pawestren yang dibangun sebagai tempat suci untuk sholat berjamaah bagi perempuan. Bangunan yang kaya akan arsitektur ini dibangun karena jamaah laki-laki harus terpisah dengan perempuan.

Pawestren memiliki dinding yang indah dengan ukiran yang berasal dari motif Majapahit atau biasa dikenal dengan motif maksurah. Tempat ibadah satu ini dibangun dengan menggunakan tiang utama yang berjumlah 4 buah dan diperkuat dengan tiang penyangga sejumlah 4. Tiang utama Pawestren ini menopang belandar balok yang tersusun dari 3 lapisan.


3. Situs Kolam Wudhu

Situs satu ini sangat terkenal dan menjadi hasil kebudayaan Kerajaan Demak yang sering dikunjungi oleh para wisatawan rohani. Situs kolam wudhu dibangun dengan tujuan memfasilitasi para musafir atau santri untuk mengambil wudhu saat mengunjungi Masjid Agung Demak. Namun kini, situs kolam ini tidak lagi digunakan.


4. Masjid Agung Demak

Hasil kebudayaan satu ini sangat terkenal dan banyak dijadikan sebagai tujuan wisata rohani. Masjid ini dibangun pada masa Kerajaan Demak pada tahun 1479 dengan arsitektur yang memanjakan mata. Anda akan menyaksikan ornamen dan kaligrafi yang kental akan suasana islam. Masjid ini terletak di Demak tepatnya di Provinsi Jawa Tengah.

Hasil kebudayaan Kerajaan Demak yang telah dijabarkan diatas merupakan situs paling terkenal. Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung kesini pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu aturan yang telah berlaku. Pastikan juga Anda menggunakan pakaian yang rapi dan sopan. Sebab salah satu aturan saat berkunjung ke situs rohani adalah memakai pakaian tertutup dan tidak ketat.

Posting Komentar untuk "Hasil Kebudayaan Kerajaan Demak"