Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Kertas HVS Sesuai Kebutuhan


Kegiatan belajar mengajar dan perkantoran tidak akan lepas dari peralatan kertas. Kertas menjadi satu kebutuhan utama dalam hal ini. Kertas merupakan media yang digunakan untuk menulis dan membaca. Terdapat berbagai jenis kertas yang beredar di pasaran, salah satunya adalah kertas HVS.

Kertas HVS dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu berdasarkan ukuran dan ketebalan atau gramasi. Berdasarkan ukurannya, HVS terdiri dari HVS B5, HVS Kuarto (Q4), HVS A4, HVS F4, HVS A3 dan HVS Plano. Sementara, berdasarkan ketebalannya, kertas HVS terdiri dari HVS 70 gsm, HVS 80 gsm dan HVS 100 gsm. 

Dari kedua jenis ini, Anda dapat menentukan jenis kertas mana yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal berikut saat memilih kertas HVS agar mendapatkan jenis kertas yang bagus dan mendukung pekerjaan Anda.

Tips Memilih Kertas Sesuai Kebutuhan

Memilih kertas merupakan hal sepele namun sangat berpengaruh pada hasil pekerjaan, berikut tips memilih kertas HVS yang tepat :

1. Tentukan ketebalan kertas HVS

Pada umumnya, kertas HVS memiliki ketebalan 70 gsm dan 80 gsm. Tentunya kertas yang lebih tebal, memiliki kualitas yang lebih baik karena tidak mudah sobek.

2. Merk kertas HVS

Merk mempunyai peranan dalam pemilihan kertas HVS. Hal ini disebabkan karena di setiap merk tentunya menggunakan campuran bahan yang berbeda sehingga menghasilkan kualitas kertas yang berbeda pula. Beberapa merk populer di Indonesia adalah Sinar Dunia, Gold, Paper One, Natural dan lain sebagainya.

3. Harga kertas HVS

Harga dari kertas HVS perlu Anda pertimbangkan sesuai dengan budget yang Anda miliki sebelum Anda membelinya. Karena pada umumnya semakin mahal harga maka kualitas akan semakin baik.

Jika Anda memerlukan kertas HVS untuk skripsi atau karya ilmiah, sebaiknya Anda memilih kertas HVS dengan kualitas yang tinggi agar dokumen Anda tahan lama.

4. Perhatikan Isi atau jumlah kertas HVS

Isi atau jumlah dari kertas HVS per rim nya perlu Anda perhatikan, biasanya dalam satu rim ada yang berisi 250, 500 hingga 1000 lembar tergantung dari merk nya. Semakin banyak isinya, maka harga yang ditawarkan akan lebih murah sehingga bisa lebih menghemat budget.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Kertas HVS Sesuai Kebutuhan"